Sponsor

Minggu, 16 Januari 2011

Browse > Halaman Depan > Label: > Judul: Penampakan Mahluk Halus Di Cirebon, Mirip Dengan Penampakan Di Inggris?

Penampakan Mahluk Halus Di Cirebon, Mirip Dengan Penampakan Di Inggris?

Iya, saya tahu kalau berita ini sudah basi. Sengaja memang, kalau langsung "njeplak" nanti disangka meresahkan masyarakat. Mahluk halus yang muncul di Cirebon di sekitar akhir tahun 2010 kemarin, menurut saya, agak mirip dengan mahluk misterius yang pernah muncul di London tahun 1800-an di jaman Victoria: Jack Si Kaki Pegas.

Di bawah ini akan saya sampaikan sedikit mengenai kemiripan keduanya. Ini menjadi menarik buat saya, karena apabila memang betul memang sama (yang di London, maupun yang di Cirebon), maka sosok misterius ini muncul kembali setelah selang waktu hampir dua abad, di belahan bumi yang lain. Fenomena yang menarik bukan? Lebih menarik, ketimbang hanya menilai mahluk tersebut sebagai "kuntilanak" dan "hantu" seperti yang ditulis oleh beberapa media terkemuka.

Mahluk Misterius Yang Menyeramkan

Oh, ya, sebelum mengetik panjang lebar, saya ingin menyampaikan bahwa yang saya tulis di bawah ini hanyalah spekulasi, dan sekedar untuk hiburan.

Ciri-ciri Mahluk Misterius Di Cirebon

Dari dua sumber media, yaitu TVOne dan Okezone, bisa diperoleh beberapa ciri mahluk tak teridentifikasi tersebut. Rika, warga setempat, seperti dikutip dari tayangan video Okezone, mengatakan bahwa mahluk tersebut memakai pakaian berwarna hitam, dan mirip Spiderman, dan tidak terbang tetapi "menclok" (melompat). Udin mengatakan hal lain, ia terlihat ragu apakah pakaian mahluk tersebut memakai pakaian hitam atau putih. Dari berita TVOne, Narti memberi keterangan bahwa mahluk itu berpakaian putih, matanya besar dan terang seperti lampu neon, dan bisa terbang lalu menghilang.
Saksi Mata Penampakan Mahluk Misterius
Gambar diolah dari video.Sumber Video

Ringkasnya, ciri-ciri mahluk tersebut adalah sebagai berikut:
  • Memiliki kemampuan terbang atau melompat tinggi.
  • Memakai sejenis pakaian yang berwarna hitam, ada pula yang mengatakan putih.
  • Matanya bercahaya seperti neon.
Begitu mengetahui berita ini, saya langsung teringat pada sesosok mahluk misterius yang pernah muncul di London, Inggris tahun 1800-an, yang terkenal dengan kemampuannya melompat tinggi, memakai sejenis pakaian berwarna hitam di bagian luar dan putih di bagian dalam, dan matanya bercahaya. Mahluk misterius yang hingga kini tidak terungkap itu dijuluki Springheeled Jack atau Jack Si Kaki Pegas.
Ciri-Ciri Mahluk Misterus Di Cirebon

Sayang sekali peliput dari media hanya sedikit sekali menekankan pada ciri-ciri mahluk misterius tersebut, dan hanya menitik beratkan pada tema mahluk halus, bahkan Okezone menyebutnya setan, dengan memberi judul "Warga Kejar Setan" pada video liputannya. Sedangkan dalam situs beritanya, TVOne menyebutnya kuntilanak (walau dalam tanda petik), sehingga menimbulkan kesan yang berbeda.


Mahluk Misterius Di London, Mirip Dengan Yang Di Cirebon?

Kabar mengenai penampakan mahluk misterius yang diberi julukan Jack Si Kaki Pegas, merebak di kota London dimulai pada tahun 1836 pada jaman Viktoria. Wikipedia menyebut Jack Si Kaki Pegas adalah cerita rakyat (folklore), namun saya tidak setuju jika Jack disebut sebagai cerita rakyat,  karena penampakan Jack Si Kaki Pegas bukanlah fiksi dan penampakannya dilaporkan secara luas lewat media massa lokal dan nasional. Kemunculan Jack yang pertama kali dilaporkan sebetulnya sudah ada sejak tahun 1817, namun mengenai kemunculan pertamanya itu belum memunculkan kewaspadaan atas keberadaannya. Mulai dari tahun 1836, sosok Jack mulai mengemuka, bahkan diberi julukan atas sosok misterius ini.
Mahluk Misterius Yang Muncul Di Cirebon Mirip Dengan Jack Si Kaki Pegas

Ciri-ciri Jack, yang dilaporkan oleh saksi mata dan diliput oleh media adalah sebagai berikut:
  • Sosoknya seperti sosok manusia, namun dengan wajah tersembunyi.
  • Bagian tangannya terbungkus semacam logam (jaman itu, orang menyebut logam yang keras sebagai besi, karena besi adalah logam yang cukup populer).
  • Sosoknya tinggi dan berperawakan kurus
  • Matanya menyorot, bercahaya (orang pada jaman itu menyebutnya seperti bola api, sedangkan saksi mata di Cirebon menyebut matanya bersinar seperti lampu neon).
  • Memiliki kemampuan untuk menyorotkan cahaya biru.
  • Mengenakan semacam mantel berwarna gelap, sedangkan didalamnya ada sejenis pakaian berwarna putih yang mengilap.
  • Beberapa saksi mata mengatakan Jack mengenakan semacam helm atau topeng.
  • Dan yang terakhir adalah ciri utama Jack, yaitu kemampuan melompat yang luar biasa, baik dalam hal ketinggian dan jarak melompat
Kemiripan yang bisa saya tangkap dengan sosok mahluk misterius di Cirebon adalah:
  • Kemampuannya melompat (bukan terbang)
  • Mata yang bercahaya terang, seperti bola api atau neon
  • Memakai sejenis pakaian yang berwarna gelap, dan ada bagian pakaian yang tampak putih
Mahluk Misterius Dengan Kemampuan Melompat Yang Luar Biasa

Yang jadi pertanyaan, sebetulnya mahluk seperti apakah sosok tersebut? Apakah dedemit, manusia, mahluk angkasa luar, atau mahluk dari dimensi lain? Tidak bisa dipastikan, hanya Tuhan-lah yang tahu jawabannya. Jika sebuah misteri tidak dapat diungkap dan tidak membahayakan, biarkanlah ia menjadi bahan perbincangan yang menghibur. (FenomenaMisterius.blogspot.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar