Sponsor

Rabu, 19 Januari 2011

Browse > Halaman Depan > Label: > Judul: Ikan Aneh Bermata Empat Bercorak Batik? Ajaib?

Ikan Aneh Bermata Empat Bercorak Batik? Ajaib?

Beberapa hari yang lalu sebuah harian nasional (19/1/2011), memberitakan Ikan bermata empat dengan bentuk yang menurut penemunya, Abbas (warga Kecamatan Muara Trembesi, Jambi), cukup aneh. Kulitnya bercorak tidak beraturan dengan warna hitam dan kuning mirip batik. Kulitnya keras. Bentuknya mirip lele. Dan ditemukan dengan nuasa mistis. Sumber.

Sumber Berita Ikan Mata Empat

Gambar diambil dengan tidak sopan tanpa ijin, tapi dikasih link kok, sumber

Mengapa hewan-hewan yang aneh itu selalu dihubungkan pada hal-hal gaib atau mistis?

Saya bukan anti ghaib. Bukan! Tapi gaib adalah gaib, yang tidak gaib janganlah dibuat-buat jadi gaib. Dulu juga ada ikan berkepala buaya yang bikin heboh, dan juga dihubungkan dengan yang gaib, sampai mandi kembang segala ikan itu. Padahal di Amerika, ikan kepala buaya yang ukurannya jauh lebih besar, pernah ditemukan dan tanpa ada unsur gaibnya. Lihat posting ini. Apakah ini termasuk kebodohan? Tidak, bukan kebodohan. Justru sebaliknya, ini merupakan isyarat, bahwa seluruh lapisan masyarakat kita dari bawah sampai atas sudah paham bagaimana "memasarkan" sesuatu dengan menggunakan gimmick. Keren kan? Nggak, bikin pusing sih iya.

Sudah, ah. Mari kita kembali ke ikan bercorak batik dengan empat mata ini. Mari kita telusuri, dengan analisis dangkal a la FenomenaMisteri.blogspot.com. Lanjut!

Ikan Aneh Dengan Empat Mata?

Sayangnya, saya belum melihat langsung ikan itu. Apakah memang memiliki empat mata, atau suatu bagian tubuh yang hanya dikira mata. Tapi okelah, tak mengapa, karena di dunia ikan, ada juga yang memiliki mata empat yaitu ikan dari genus Anapblebs, dari famili Anablepidae. Fungsi dari keempat mata itu adalah untuk melihat permukaan air dan di bawah permukaan air secara bersamaan. Secara teknis Anapblebs memiliki 2 mata, tapi terpisah di tengah. Sumber

Apakah ikan lain, yang lazimnya memiliki dua mata bisa memiliki empat mata? Setengah mati saya nyarinya, nggak nemu! Kalau jari lebih dari lima per tangan ada istilah ilmiahnya, kepala lebih dari satu pun ada istilah ilmiahnya. Tapi yang ini sulit.

Inilah beberapa istilah yang mungkin untuk ditelusuri:
  • Quadroclops (quadro artinya 4, clops kurang lebih artinya mata). Yah, ada kemungkinan istilah ini bisa dipakai, coba deh yang sudah S2-S3 di bidang biologi, tolong bantu saya, kasih komentar ya?
  • Disprosopus (adanya kelainan sehingga memiliki dua wajah). Saya ragu untuk menggunakan istilah ini pada kasus empat mata. Karena, kalau wajahnya dua, biasanya mulut dan hidungnya juga dua.

Dari sulitnya menemukan istilah yang tepat, maka saya ragu kalau ikan tersebut memiliki empat mata. Mungkin hanya 2 saja, sedangkan 2 lainnya adalah bagian tubuh lain yang menyerupai atau disangkakan sebagai mata.
Kelainan Menyebabkan Berwajah Dua
Kucing berwajah dua, bukan hasil rekayasa pengolah gambar, Sumber

Ikan Bercorak Batik, Apakah Aneh?

Jawabnya: tidak. Karena ikan ini sangat umum. Nama imut dari ikan ini adalah Pleccy. Idih imutnya (sok genit mode: on). Nama serius alias nama latin-nya adalah Hypostomus plecostomus. Ini adalah ikan air tawar. Naaahhhh, cocok kan dengan berita di atas, ikan ini ditemukan di sungai. Horeee, ketemu satu pemecahan.
Perbandingan Penampakan Dua Ikan Ajaib
Ikan Ajaib Empat Mata Corak Batik, Tidak Mistis
Ikan Ajaib Mata Empat Corak Batik
Perbandingan gambar ikan aneh dari harian nasional dengan gabar dari sumber lain

Ikan ini memang memiliki corak unik seperti batik. Dan kulitnya keras. (Hore!.... ah udah, ah, lebay amat saya ya?). Naaaa, biar nggak pusing baca, tinggal liat saja dan cocokkanlah gambarnya. Ikan ini mungkin langka di beberapa daerah, sehingga dianggap aneh. Mudah-mudahan bermanfaat, ya? Kalau tidak bermanfaat, yaaah sering-seringlah main ke FenomenalMisteri.blogspot.com. supaya makin tidak bermanfaat.
Ikan Corak Batik Dilihat Dari Bawah
Penampakan ikan "corak batik" dari sisi bawah, sumber

Apakah ikan bercorak batik ini ajaib? Jawabannya: ya, karena semua ciptaan Tuhan itu memang ajaib.

1 komentar: